Sulsel Pelopori Pembangunan Mini LNG

Provinsi Sulawesi Selatan akan mempelopori pembangunan Mini Liquefied Natural Gas dengan dukungan dari PT. Energi Mega Persada Tbk melalui pengembangan gas Wasabo di Desa Walangan, Sampi-Sampi dan Bonge Kabupaten Wajo, Sulsel.

Presiden Direktur dan sekaligus "Chief Executive Officer" PT Energi Mega Persada, Tbk Imam P. Agustino di Makassar, Selasa, usai menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan, pihaknya akan menanamkan investasi pada pengembangan gas di kawasan tersebut sebesar 140 juta dolar AS.

Rencana pembangunan mini LNG tersebut merupakan sebagian dari kontribusi besar yang akan dirasakan oleh masyarakat Sulsel dari pengembangan gas kawasan.

Pembangunan Mini LNG tersebut akan dikerjakan oleh PT. South Sulawesi LNG bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Sulsel dan akan menjadi pelopor Mini LNG di Indonesia dan dapat diterapkan di daerah lainnya yang memiliki potensi gas di Indonesia.

Kapasitas gas yang akan dihasilkan dengan pengembangan lapangan gas Wasabo itu mencapai 70 juta kaki kubik per hari, sedangkan untuk LNG mencapai 500 ribu ton per tahun.

Hasilnya akan dipasarkan secara nasional, terutama untuk memenuhi kebutuhan Sulsel pada pembangkit listrik, kota gas atau industri.

Bila perencanaan pembangunan itu disetujui Pemprov Sulsel dan Pemkab Wajo, maka pihaknya akan segera melakukan pekerjaan pengembangan tersebut hingga produksi.

"Untuk pembuatan Mini LNG membutuhkan waktu kurang lebih 18 bulan hingga 20 bulan lamanya," ujarnya. sources: antara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar