Eksotisme Air Terjun Moramo , Sulawesi Tenggara

Air terjun Moramo terletak sekitar 70 km dari pusat kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan kendaraan pribadi, perjalanan menuju ke air terjum Maramo memakan waktu sekitar 2 jam. Pasalnya Jalan menuju Air Terjun ini masih dalam keadaan yang cukup memprihatinkan. Di Tempat ini terdapat sekitar 10 tingkat air terjun. Debit air yang besar dan ketinggian yang lumayan membuat air terjun ini terlihat sangat mempesona.
Selain itu di Air Terjun Moramo yang konon katanya merupakan permandian para bidadari ini, memiliki panorama alam yang indah dan masih alami yang tidak kalah indahnya dengan air terjun lain di Indonesia. Air terjun Moramo berbentuk kucuran air dari ketinggian sekitar 100 meter dengan air meluncur deras pada batu granit besar bersusun. Ketinggian setiap susun air terjun berkisar antara 0,5 sampai tiga meter. Susunan ini terbentuk secara alami selama ribuan tahun lalu. Di kawasan Air Terjun Moramo juga terdapat 60 tingkatan kecil yang tampak seperti kolam kecil dan di tingkatan terakhir yang sangat sempurna untuk permandian.

Di Sekitar Air Tejun ini juga masih terdapat penghuni alam seperti beraneka burung, beraneka ragam kupu-kupu, dan berbagai satwa lainnya. Keindahan Air terjun Moramo, yang diringi dengan bunyi semilir air terjun, dan kicauan burung yang bersahutan membuat kita seakan mendengarkan music alam yang jauh dari suasana keramaian di pusat kota. Bahkan ketika sinar matahari terpantul dari bebatuan marmer disekelilingnya memancarkan sinar pelangi yang didominasi warna sinar dan biru yang dapat menambah pesona kecantikannnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar