Banyak keajaiban Alam Di Pa'Bentengan GOWA

DESA Pa'bentengan, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Dari katanya, desa ini berarti benteng, menurut penuturan warga di sana. Daerah yang menjadi benteng pertahanan di masa perang yang kala itu melibatkan pahlawan RW Monginsidi dan Emmy Saelan.

Salah satu buktinya adalah sumur tua yang tidak pernah kering yang konon adalah sumur yang sering digunakan Emmy Saelan untuk mandi.

Lokasinya kurang lebih 60 km dari Makassar dan dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk tiba di sana. Warganya ada yang sebagai petani, peternak ayam, dan petambak (budi daya ikan).

Di sana kita akan disuguhi pemandangan desa yang sejuk, asri, dan potensi alamnya cukup subur untuk bercocok tanam. Dengan kondisi demikian, tidak terpikir oleh kita jika kemudian ada warga yang miskin.

Namun faktanya, setiap warga di sana mendapatkan jatah raskin dari pemerintah. Sebuah kondisi yang kontras memang jika kita melihat persawahan yang luas sepanjang perjalanan kita menuju desa tersebut.
Sebagian pemudanya ada yang tidak memiliki kegiatan sama sekali selain menghabiskan waktu tanpa nilai produktif di dalamnya.

Kondisi itulah yang kemudian mendorong Makassarpreneur untuk memberikan bekal bagi pemuda di sana melalui pelatihan dan pendampingan agar potensi-potensi alam yang ada dapat dikelola dengan baik untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Butuh kerja keras untuk melakukan itu semua, karena merubah pola pikir dan kebiasaan seseorang adalah pekerjaan sekaligus tantangan yang berat. Tapi bukan hal mustahil, karena pemuda di sana cukup antusias dan mau untuk merubah keadaan sekarang menjadi lebih baik.

Itu terbukti dengan dibentuknya Koperasi Remaja baru-baru ini dengan harapan ada unit usaha yang terbentuk, sekaligus sebagai wadah berhimpun bagi mereka untuk menggalang potensi diri masing-masing agar jiwa wirausaha yang telah mereka dapatkan selama pelatihan dapat terus dipertahankan dan ditularkan kepada warga lainnya di desa Pa'bentengan. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar