PNPM MP Matra Mulai Terlaksana

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) se Kabupaten Mamuju Utara (Matra) mulait terlaksana.

Buktinya telah digelar pelatihan di aula Muntazam, Pasangkayu yang berlangsung selama 3 hari. Pelatihan program PNPM MP ini untuk memasuki kegiatan tahun anggaran 2011. Peserta terdiri atas kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD) dan pendamping lokal (PL) yang juga di sebut fasilitator desa (FD). KPMD dan PL PNPM MP se-Kabupaten Matra yang turut dalam pelathan tersebut mencapai sekira 70 orang di semua pengurus PNPM MP desa.

Sementara itu, pembicara dalam pelatihan tersebut terdiri administratur fasilitator Propinsi Sulbar, Murni, fasilitator tehnik kabupaten, Astrid, konsultan kecamatan, fasilitator kabupaten (Faskab), yakni fasilitator keuangan, konsultan tehnik dan pemberdayaan.

Adapun pembahasan dalam pelatihan tersebut, menurut Awaluddin, teknik dasar fasilitasi, panduan dan kaderisasi untuk integrasi dan pengkajian keadaan desa dan village visioning atau menggagas masa depan desa (MMDD).

Serta tugas pokok dan fungsi (Tufoksi) KPMD dan PL. Awalauddin yang sebagai konsultan pemberdayaan Kecamatan Bambalamotu dalam PNPM MP saat di temui usai pelatihan mengatakan, pelatihan terhadap KPMD dan PL di tingkat desa agar program PNPM MP tahun 2011 dapat di wujudkan dan di implementasikan di lapangan dengan mudah, sesuai tufoksinya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar