Indahnya Tarian Yosim PAPUA

Tarian Yosim Pancar (Pergaulan/persahabatan muda-mudi) yang dibawakan empat pasang muda-mudi diiringi lagu daerah berhasa lokal dan Indonesia, Kamis (11/11) malam, dipentaskan mengakhiri Konferensi internasional keanekaragaman budaya Papua dalam mosaik budaya Indonesia di Jayapura.

Sejumlah peserta konferensi baik dari dalam dan luar negeri begitu antusias menikmati tarian yang digelar di gedung Sasana Krida kantor Gubernur Provinsi Papua yang terletak di jalan Soa-siu Dok II Bawah.

Para peserta tampak berebutan mengabadikan tarian dalam kamera digital dan melalui handphone (HP) selulernya yang dipentaskan oleh sanggar Marisi. Bahkan ada yang ikut bergabung mengikuti tarian tersebut.

Tarian Yosim Pancar/Yospan memiliki dua regu pemain yaitu Regu Musisi dan Penari. Regu musisi memainkan alat musik berupa gitar, jukulele, stem bass, tifa dan beberapa orang yang menyanyikan lagu/vocal group.

Sedangkan regu penari Yospan lebih dari satu orang dengan berpasangan dilakukan dengan gerakan dasar yang penuh semangat, dinamik dan menarik.

Para penari yang terdiri empat pasang itu, kaum lelaki bercelana panjang hitam dan berkemeja lengan panjang warna biru, sedangkan kaum perempuan menggunakan baju terusan yang berumbai-rumbai dengan campuran warna merah muda dan kuning layaknya baju pesta dansa namun simpel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar