Palu Akan Menjadi "The Next Brunei"

PT Citra Palu Minerals (CPM) akan segera melakukan pengeboran di lahan pertambangan emas Poboya di Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyusul semakin terbukanya masyarakat di sekitar lokasi tambang.

Juru bicara PT CPM, Syahrial Suandi usai bertemu masyarakat Poboya dan Wali Kota Palu di Mapolda Sulawesi Tengah, Senin, mengatakan sekitar awal bulan Mei 2011 pihaknya akan melakukan pengeboran guna meneliti seberapa besar potensi kandungan emas di Poboya.

Sebelum melakukan pengeboran, PT CPM akan melakukan perbaikan jalan menuju area pertambangan sepanjang 2,4 kilometer.

Syahrial mengatakan, lokasi pertambangan emas di Poboya sangat potensial namun dia belum bisa memperkirakan seberapa banyak potensi emas itu. "Kita lakukan pengeboran dulu, baru bisa diperkirakan hasilnya," ujarnya.

Usai pengeboran, PTM CPM belum langsung melakukan eksplorasi karena prosesnya masih sangat panjang. "Kita lakukan secara bertahap berkoordinasi dengan masyarakat, pemerintah daerah, dan kepolisian," katanya.

PT CPM adalah pemilik kontrak karya kuasa pertambangan dengan luas area konsesi sekitar 37 ribu hektare. Selama ini anak perusahaan PT Bumi Resources Minerals bisa melakukan pengeboran karena selalu ditentang oleh masyarakat sekitar.

Masyarakat menilai keberadaan PT CPM akan menggusur penambang lokal, namun Syahrial mengatakan bahwa "justru kami akan merekrut masyarakat sekitar menjadi karyawan PT CPM," katanya.

Aktivitas penambangan emas tradisional di Poboya sendiri sudah marak dilakukan sejak tiga tahun terakhir, dengan jumlah penambang sekitar 8.000 orang yang juga berasal dari luar Sulawesi Tengah.

Sementara Wali Kota Palu Rusdy Mastura mendukung langkah PT CPM untuk segera melakukan pengeboran di Poboya.

Menurut dia, pengeboran itu tidak mengganggu penambang tradisional karena prosesnya berlangsung jauh di dalam perut bumi, sementara penambang tradisional hanya menambang di permukaan saja.

"Kita mendukung siapa saja, yang penting bisa menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar