Kenapa Pelabuhan Belang-belang Sangat Strategis ?

Pembangunan dermaga pelabuhan Belang-Belang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sangat strategis karena akan menjadi "pintu gerbang ekonomi" di kawasan pulau Sulawesi kawasan timur Indonesia.

Gubernur Provinsi Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Minggu, mengatakan, dengan akan dibangunnya pembangunan dermaga pelabuhan Belang-Belang dan pembangunan gudang barang di kawasan dermaga tersebut oleh investor asing dari negara China, akan memberikan solusi bagi percepatan pembangunan di Sulbar.

"Posisi dermaga pelabuhan Belang-Belang sangat strategis dari pada dermaga pelabuhan lain seperti pelabuhan Pantoloan, Sulawesi Tengah dan pelabuhan Soekarno Hatta di kota Makassar, Sulawesi Selatan, kapal yang hendak sandar di Belang-Belang hanya butuh waktu yang singkat," katanya.

Selain itu, kata Anwar, pelabuhan Belang-Belang juga memiliki standar Internasional yang memiliki kedalam sekitar 12 meter yang dapat disinggahi segala jenis kapal.

"Pelabuhan Belang-Belang adalah pelabuhan yang alami dengan memiliki kedalaman 12 meter tanpa melakukan pengerukan untuk memperdalam areal pelabuhan tersebut,' kata dia.

Ia mengatakan,dampak dari pembangunan tersebut sangat jelas yang muaranya untuk peningkatan ekonomi dan dapat keluar dari ketertinggalan, sehingga mampu setara dengan provinsi yang telah maju dan mapan.

Selain itu, kata dia, juga akan mampu memberikan kontribusi langsung terhadap pencapaian sasaran pembangunan nasional dan mengurangi kesenjangan antar wilayah yang ada di nusantara ini.

"Kita tetap optimis kelak daerah ini akan cepat bangkit dari ketertinggalannya, mengingat daerah ini telah diberikan anugerah dari tuhan sehingga memiliki potensi alam yang banyak,' tutur dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar