Pelajar Papua Sukseskan IT di Sekolah/Kampus

Pelajar dan Mahasiswa di Papua diharapkan dapat menerapkan teknologi internet sebagai salah satu media untuk mendukung pembelajaran di lingkungan pendidikannya.

Ketua Umum Himpunan Pemuda Pembangunan Indonesia (HPPI) Kota Jayapura, Hendrik Yance Udam kepada ANTARA, Kamis mengatakan hal itu sangat penting dalam menyikapi perkembangan teknologi internet yang kini semakin marak dengan beragam fungsi.

Di antaranya adalah keberadaan mesin pencari istilah, kata dan bahasa serta fungsi komunikasi dan informasi yang semakin jauh lebih terbuka dan mengglobal.

Lebih lanjut dikatakannya, teknologi internet dengan demikian dapat dimanfaatkan untuk membuat "virtual library" atau perpustakaan digital sehingga memudahkan para pelajar dan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan pembelajaran di berbagai bidang studi.

"Perpustakaan digital dengan memanfaatkan internet bisa membuka jendela informasi dan komunikasi kita yang ada di Papua dan Papua Barat dengan universitas-universitas dan orang-orang yang ada di belahan dunia lain. Jadi jangan sampai hanya dimanfaatkan untuk sekedar melihat gambar dan jaring sosial," jelas Hendrik Udam.

Diharapkannya, dengan memanfaatkan internet dalam kegiatan belajar dapat memberi dampak yang signifikan terhadap kualitas pelajar, mahasiswa begitu pula pengajarnya..

Menurut dia, di beberapa perguruan tinggi di Papua dan Papua Barat, sejumlah dosen telah memanfaatkan teknologi internet dalam kegiatan pembelajaran, misalnya untuk berkomunikasi dengan mahasiswa, pencarian bahan-bahan ajar serta menyusun hasil tulisan dan penelitian ilmiah dalam bentuk digital yang dapat diakses siapa saja.

"Banyak ilmu pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan dengan membuka internet. Tinggal bagaimana setiap individu dalam hal ini pelajar dan mahasiswa, bisa menggunakannya sesuai keperluan masing-masing," terang Hendrik Udam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar