Beredar !! Video Kecurangan Rekruitmen CPNS Di Pinrang

Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, H Syarifuddin Side, membantah dugaan kecurangan dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010, seperti beredar dalam rekaman video berdurasi 1 menit dan 36 detik.

"Itu tidak betul. Kami bahkan bisa menuntut pihak yang melaporkan atau menuduhkan hal tersebut," kata Syarifuddin, yang juga Ketua Panitia Penerimaan CPNS 2010 Kabupaten Pinrang, Selasa (26/4/2011).

Ia mengemukakan, setelah menerima surat dari salah satu lembaga swadaya masyarakat yang mempertanyakan kebenaran rekaman video tersebut, ia langsung memanggil seluruh panitia yang terlihat dalam rekaman video tersebut. Mereka ditanya satu per satu mengenai aktivitas yang terekam dalam video itu.

"Video itu sudah kami putar, dan berdasar pengakuan seluruh panitia yang terekam, memang tidak ada penukaran lembar soal peserta seperti yang diisukan. Mereka hanya memisahkan lembar jawaban dan soal," ungkapnya.

Terkait adanya lembaran yang dimasukkan ke dalam plastik, menurut Syarifuddin, hal itu untuk melindungi lembar jawaban agar tidak rusak bila terkena air. "Kami juga punya video serupa yang dijadikan dokumentasi. Video itu merekam seluruh kegiatan di dalam ruang sekretariat panita CPNS, termasuk tim pengawas gabungan," paparnya.

Secara terpisah, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pinrang Andi Adikawira mengemukakan, apa yang terekaman dalam video tersebut adalah dokumen negara. Jika betul terjadi penyimpangan, kepolisian harus mengungkapnya. Meski demikian, pihaknya tetap akan memonitor persoalan tersebut.

"Cukup dua bukti saja, maka masalah video tersebut akan kami proses. Jika berkas kasusnya dilimpahkan dari kepolisian, kasus ini akan kami tuntaskan hingga ada putusan berkekuatan hukum," tutur Adikawara.sources:kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar