1. ISI BBM HANYA DI PAGI HARI , saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom BBM menyimpan BBMnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka BBM akan semakin padat, sedangkan saat suhu menghangat, BBM akan memuai
Maka, kalo kita isi BBM di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas), BBM akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenarnya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya. Tapi semua pom BBM (service station) nggak punya alat untuk mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. ISI BBM SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)* Karena semakin banyak tangki BBM kita berisi BBM, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (BBM) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan BBM punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara BBM dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat BBM apa ya?
kalo di Pom BBM, mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan BBM karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
3. SAAT POM BBM SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi BBM , Kemungkinan besar isi BBM di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki BBM mobil/motor kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar