Pasangkayu Hijau


Pasangkayu adalah nama ibukota Kab.Mamuju Utara, kabupaten termuda kedua setelah mamasa di Sulawesi Barat(hasil pemekaran sulawesi Selatan)
posisinya terletak di ujung utara, yah kira2 60 km dari dperbatasan sulawesi tengah.
Pasangkayu saat ini mulai berkembang, ditandai dengan banyaknya investor yang datang untuk membangun kabupaten ini, ada perusahaan minyak Conoco, perusahaan sawit (PT.Unggul dan Astra),Pertamina,Hotel-Hotel dsb yang semuanya itu untuk memakmurkan Mamuju Utara.
Saat ini Mamuju Utara dipimpin oleh Bapak Agus Ambojiwa yang merupakan tokoh lokal Mamuju Utara,, semoga dengan kepeminpinannya dapat meningkatkan perekonomian Mamuju Utara sehingga masyarakat mamuju utara dapat merasakan kesejahteraan yang merata.
Kenapa tidak,banyak alasan yang bisa diungkapkan :
1. Banyaknya investor yang masuk sehingga peluang untuk perputaran roda ekonomi semakin besar.
2. Bapak Agus merupakan Tokoh Lokal yang mumpuni dalam mengelola pemerintahan yang bersih KKN (hehehehe.....Hidup Pak Bupati)jujur lho, walaupun istri saya gak lulus tes CPNS 2010.
3.Sarana dan Prasarana Jalan sekarang sudah mantap(aspal semua).
4.BTS sdah mulai ada dimana-mana,ada Telkomsel,Indosat,XL ada gak yah?? (cuma pak Agus....di PT.Unggul WTL belum dapat signal...tolong dooong).
5.Tingkat keamanan yang sangat baik. (cerita orang dulu, katanya Matra itu sereeeem)

Penghasilan utama masyarakat Mamuju Utara adalah Bertani, ada yang bertani Sawit, Kakao, Jagung,Padi. Ada juga Berdagang, Nelayan,Pegawai dsb.

Di kecamatan Baras,Lariang,Tikke,Sarudu banyak kita jumpai tanaman Sawit, walaupun sebagian adalah milik perusahaan, tapi tidak sedikit tanaman sawit juga mulai ditanam oleh masyarakat dengan memanfaatkan tanahnya agar lebih produktif lagi.
Sebagai contoh PT.Unggul...luas tanamman sendiri adalah 6000 Ha, sedangkan tanaman milik petani plasma(transmigrasi) adalah 6000 Ha dan petani lokal(swadaya) adalah 12.000 Ha..jadi bisa dibayangkan 4 tahun kedepan, betapa makmurnya masyarakat di Matra yang menanam Kelapa Sawit, sebagai gambaran, petani yang memiliki 2 Ha tanaman sawit yang menghasilkan, memperoleh penghasilan Rp 3,5 jt nett sebulan setelah menjual buah sawit (FFB) di PT.Unggul.

Dah dulu ya postingan ini...nanti lanjut lagi deh..Siiip
kami tunggu commentnya, siapa tahu info lebih Gress lagi mengenai Mamuju Utara or Pasangkayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar