Cangkang Kelapa Sawit Jadi Andalan Ekspor

SAAT ini, permintaan cangkang kelapa sawit dari mancanegara, khususnya Thailand terus meningkat. Karena itulah, cangkang kelapa sawit telah menjadi salah satu ekspor andalan baru Provinsi Bengkulu.

"Cangkang kelapa sawit (palm nut shell) itu dihasilkan dari beberapa pabrik pengolahan kelapa sawit di daerah ini," kata kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi/UKM Provinsi Bengkulu Darwin kepada Antara, beberapa waktu lalu.

Darwin menjelaskan, selama lima bulan hingga Juni 2010, ekspor cangkang kelapa sawit Bengkulu dengan tujuan Thailand menghasilkan devisa sebesar US$1,656 juta.

Volume cangkang kelapa sawit yang terjual ke Thailand selama lima bulan pada tahun 2010 tercatat sebanyak 53.133 ton dan diekspor melalui Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Sebelumnya cangkang kelapa sawit tersebut hanya dijadikan bahan untuk menguruk jalan perkebunan. Selain itu, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memproduksi cangkang itu biasanya mengolah cangkang menjadi limbah bakar untuk briket arang.

Namun sekarang, cangkang yang merupakan limbah buah kelapa sawit itu dijadikan bahan baku industri. Setelah ada permintaan dari luar negeri, bahan limbah menjadi pendapatan tersendiri dari perusahaan perkebunan daerah ini. sources:mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar