Inilah Rute Kereta Api Makassar - Mamuju

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprioritaskan pembangunan jalur kereta api (KA) yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Untuk tahap awal, jalur KA ini akan dibangun dari Makassar ke Pare-pare. Kemudian untuk tahap selanjutnya jalur KA akan dibangun dari Pare-pare menuju Mamuju (Ibukota Provinsi Sulawesi Barat).

"Ini kita namakan jalur Trans Sulawesi," kata Deputi Sarana dan Prasarana Infrastruktur Bappenas, Dedy S Priatna, kepada pers di sela dialog bertema "Dialog Bisnis Strategis Indonesia-China" di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Sabtu (30/4/2011).

Dia mengatakan, proyek itu masuk dalam master plan dan akan dimasukkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang akan dikeluarkan pada 20 Mei 2011 mendatang.

"Ini sebagai bagian dari program pemerintah Koridor Ekonomi Indonesia (KEI). Dimana kita ketahui Sulawesi masuk dalam Koridor IV," kata dia.
Seperti diketahui dialog bisnis itu menghadirkan sekitar 100 pengusaha China dan Indonesia. Serta diakhiri dengan perjanjian kerjasama antara pemerintah dan pebisnis. Penandatanganan kerjasama itu adalah Perdana Menteri (PM) China YM Wen Jiabao dan Wakil Presiden Boediono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar