Pahlawan Perempuan dari Desa Pulau Muna

Ambil kendali atas hidupmu dan kau keluar jadi pemenang. Itu pesan yang kami dapat saat menemui Ibu Wania dan kelompok tenun Baru Mekar di hari Selasa, 19 Oktober 2010. Mereka adalah contoh perempuan Indonesia yang mampu menghasilkan sesuatu dari keahlian mereka, menghidupi keluarganya, dan turut membantu ibu-ibu lain sekitarnya.

Ibu Wania adalah seorang pengrajin nentu di Desa Korihi. Nentu adalah tanaman jalar, mirip dengan rotan, yang dapat dijalin menjadi berbagai bentuk misalnya tudung saji, tas, tempat minum, dll. Beliau belajar keterampilan ini di tahun 1986. Setelah siap produksi, beliau mulai sibuk mencari pasar dengan cara ikut pameran. Di tahun 1992, Ibu Wania menerima Upakarthi di istana dan dihadiri Presiden Suharto.

 Sekarang beliau turut membina kelompok pengrajin nentu di desa Korihi dan aktif menjualkan produknya. Saat kami temui, Ibu Wania sedang mengerjakan 14 tudung saji seharga 700 ribu rupiah per buahnya. Angka yang mengagumkan bagi seorang wanita sederhana di sebuah desa kecil.

Sedang Ibu Wa Opa, adalah penenun Desa Masalili yang menjadi pelopor kelompok tenun Baru Mekar. Demi menemukan pasar untuk kain tenunnya, beliau merantau sampai di Kendari. Usaha beliau membuahkan hasil dan bertemu dengan Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional). Sekarang Ibu Wa Opa dan kelompoknya menjual hasil tenunan mereka secara regular kepada Dekranas Kendari.

Harga kain tenun berkisar 350 ribu rupiah per helai . Angka yang lebih dari cukup untuk hidup di desa Masalili. Sayangnya kemarin, kami hanya bertemu dengan Ibu Mariam dan seorang gadis kecil bernama Ain. Yang meskipun masih muda, tapi sudah berpikir untuk memberdayakan dirinya lewat kerajinan tenun.

Pulang dari bertemu dengan mereka, saya tergugah. Seandainya mereka bisa dijadikan contoh bagi banyak perempuan di desa lain di Indonesia. Bayangkan berapa banyak perempuan, keluarga, dan desa yang bisa mandiri secara ekonomi. Mungkin ini bisa dijadikan alternatif solusi bagi keluarga berekonomi lemah dan belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerahnya. Mungkin ini saatnya kita bisa menjadi solusi kita sendiri dan menjadi pemenang seperti perempuan-perempuan sederhana tapi luar biasa tersebut.sources:detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar