PT Golbal Kembangkan Sawit di Mamuju


Perseroan Terbatas (PT) Global akhirnya melakukan investasinya untuk membangunan kawasan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Perseroan Terbatas Global saat ini telah melakukan pengembangan kelapa sawit di Kecamatan Karossa untuk memanfaatkan lahan areal pengembangan kelapa sawit di daerah ini," kata Bupati Kabupaten Mamuju, H. Suhardi Duka, di Mamuju, Selasa.

Menurut dia, dirinya menyambut baik masuknya investor PT Global karena sistem yang diterapkan adalah 100 persen plasma (petani).

"Perusahaan yang mengembangkan perkebunan sawit di Kecamatan Karossa murni untuk kepentingan petani, ini menunjukkan perusahaan lebih mementingkan kebutuhan petani sawit di daerah ini," kata dia.

Ia mengemukakan sejumlah perusahaan yang melirik untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Mamuju terpaksa ditolak karena pihak perusahaan (inti) meminta keuntungan sebesar 70 persen, sedangkan plasma hanya 30 persen.

"Perusahaan seperti ini banyak yang ditolak karena tidak pro terhadap kepentingan rakyat," ungkapnya.

Dikatakannya mekanisme perkebunan sawit dengan sistem inti-plasma yang kerap menimbulkan konflik antara petani dan perusahaan sehingga banyak perusahaan yang melirik untuk mengembangkan perkebunan sawit tidak langsung direspons.

Namun, kali ini, kata dia, Pemkab Mamuju langsung merespons kehadiran PT Global karena pola yang diterapkan sangat menguntungkan petani yang ada di daerah.

Suhardi Duka mengemukakan dirinya menyambut positif masuknya PT Global itu karena merupakan bagian dari program yang akan dilakukan dalam rangka pengembangan ekonomi rakyat yang mandiri yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat.

"Potensi lahan untuk pengembangan sawit di Mamuju sangat menjanjikan sehingga patut didorong untuk melakukan upaya pengembangan kawasan perkebunan sawit guna percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat," tuturnya.

Program pengembangan sektor pertanian di Mamuju melalui subsektor perkebunan kelapa sawit, kata dia, karena daerah ini memiliki luas areal lahan yang cocok dikembangkan komoditas sawit.

Ia berharap masuknya perusahaan Global menjadi mitra pemerintah daerah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat di Mamuju.sources: antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar