MAMUJU UTARA PENGHASIL SAWIT TERBESAR DI SULBAR

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar, Mukhtar Belo, di Mamuju, Minggu, mengatakan, kabupaten Matra yang juga salah satu daerah hasil pemekaran Kabupaten Mamuju, kini menempatkan sebagai penghasil komoditas sawit terbesar di Sulbar.

“Pada tahun 2008 lalu, Matra menghasilkan produksi sawit sebanyak 109.570 ton dengan luas areal pengelolaan kelapa sawit seluas 29.982 Ha,” kata Muktar.

Menurut dia, kelapa sawit yang menjadi salah satu komoditas unggulan di kota ujung utara Sulbar tersebut yang kini telah berhasil memberikan kontribusi positif sehingga berdampak pada terbukanya akses lapangan kerja alternatif bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian di wilayah itu.

“Perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu komoditas unggulan masyarakat yang ada di Matra untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka,” ujarnya.

Muktar menuturkan, selain Mamuju Utara, penghasil sawit nomor dua di Sulbar adalah kabupaten Mamuju yang juga telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah ini.

“Di Mamuju sendiri, perkebunan kelapa sawit juga menjadi salah satu komoditi primadona bagi petani kita, selain tanaman Kakao,” urainya.

Ia mengatakan, komoditi perkebunan kelapa sawit di Mamuju, terdapat di beberapa kecamatan diantaranya kecamatan Tommo, Tobadak, Budong-Budong, Topoyo dan Karossa.

“Saat ini para petani kita di beberapa kecamatan yang saya maksud sedang menggalakkan peningkatan produksi kelapa sawit, walaupun banyak diantara mereka juga mengembangkan tanaman Kakao,” timpal Muktar.sources:http://spksinstiper.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar