Loading Ramp Pabrik Kelapa Sawit

Pelaksanaan sortasi bertujuan untuk mengetahui mutu TBS yang masuk ke PKS, yang kemudian dikelompokkan berdasarkan klasifikasi yang telah ditetapkan, selain itu juga untuk mengevaluasi tentang kualitas dan kuantitas produksi CPO & PK yang diperoleh selama proses di pabrik. Pelaksanaan sortasi dilakukan terhadap semua kendaran yang memuat buah baik dari Kebun Inti, Plasma dan lebih-lebih dari buah Pihak III.

Penetapan persen setiap fraksi adalah jumlah hasil sortasi setiap fraksi dibagi jumlah total tandan sample dikali 100%. Kriteria tingkat kematangan TBS adalah sebagai berikut:

Buah Mentah (unripe) adalah TBS dengan buah luar tidak membrondol, idealnya tidak ada (0%) dari total TBS.

  1. Buah Mengkal (underripe) adalah TBS dengan buah luar membrondol 12.5-25%, standard maksimum yang dibolehkan 15% dari total TBS.
  2. Buah Masak (normal ripennes) adalah TBS dengan buah luar membrondol 25-75%, standard minimum yang dibolehkan 65% dari total TBS.
  3. Buah Lewat Masak (over ripe) adalah TBS dengan buah luar membrondol 75-100%, standard maksimum yang dibolehkan 15% dari total TBS.
  4. Buah Busuk (rotten) adalah TBS dengan buah bagian dalam hampir semua membrondol, standard maksimum yang dibolehkan 2% dari total TBS.
  5. Tandan Kosong (empty bunch) adalah TBS dengan buah bagian dalam membrondol semuanya, idealnya tidak ada (0%) dari total TBS.
  6. Buah Sakit (abnormal) adalah TBS matang yang tidak dapat membrondol, standard maksimum yang dibolehkan 3% dari total TBS.
  7. Tangkai Panjang (long stalk) adalah TBS dengan panjang tangkai tandannya lebih dari 2 cm, idealnya tidak ada (0%) dari total TBS.

Loading Ramp

(a) Tampak Atas

 

(b) Tampak Samping

Gbr. Loading Ramp

 

Loading ramp berfungsi sebagai tempat penimbunan sementara TBS sebelum diolah, alat memasukkan TBS ke dalam lori dan mengurangi pasir dan kotoran lain dari TBS.

MATERIAL HANDLING

Material handling berfungsi untuk mempermudah proses pergerakan material dari satu proses ke proses selanjutnya. Pada stasiun ini terdapat beberapa material handling yaitu lori, transper carriage, capstan dan guide bollard.

Fruit Cages (Lori)

Lori berfungsi sebagai tempat penampungan TBS yang akan direbus. Lori yang terdapat di PKS SMA berkapasitas 10 – 10,25 ton.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar